• SMK NEGERI 1 TEBING TINGGI
  • Siap Kerja Santun dan Mandiri

Upacara Di SMK Negeri 1 Tebing Tinggi

Tata Upacara Bendera adalah tindakan dan gerkan yang dirangkaikan dan ditata dengan tertib dan disiplin. Pada hakekatnya upacara bendera adalah pencerminan dari nilai-nilai budaya bangsa yang merupakan salah satu pancaran peradaban bangsa, hal ini merupakan ciri khas yang membedakan dengan bangsa lain.

DASAR HUKUM

1. Pancasila

2. UUD 1945 (tentang Sistem Pendidikan Nasional)

3. Inpres No. 14 tahun 1981 (tentang Urutan Upacara Bendera)

MAKSUD DAN TUJUAN

upacara Smk

 

a. untuk memperolah suasana yang khidmat, tertib, dan menuntut pemusatan perhatian dari seluruh peserta, maka disusunlah petunjuk pelaksanaan kegiatan ini.

b. menjadikan sekolah memiliki situasi yang dinamis dalam segala aspek kehidupan bagi para siswa, guru, pembina dan kepala sekolah. Sehingga sekolah memiliki daya kemampuan dan ketangguhan terhadap gangguan-gangguan negatif baik dari dalam maupun luar sekolah, yang akan dapat mengganggu kelancaran proses belajar mengajar di sekolah.

Mengapa perlu UPACARA BENDERA ??

pembina upacara

Dalam upacara bendera sederet acara di gelar yang semuanya bermuara pada kedisiplinan dan jiwa nasionalisme. Mulai dari anak-anak dibariskan dengan sangat rapi, sampai pembubaran barisan setelah selesai upacara bendera.

Upacara bendera juga mengajak kita untuk berjiwa nasionalis. Berdiri dan menghormat kepada bendera sang saka merah putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya. Bila anda mampu berdisiplin, maka pada saat pengibaran bendera itu, hati anda akan bergetar sekaligus bangga karena sang merah putih berkibar dengan gagahnya. Di sanalah terlihat bahwa kita adalah bangsa yang telah merdeka dan berdaulat. Merdeka karena jasa para pahlawan kita yang gagah berani mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

Upacara bendera juga mengajarkan pada kita untuk mengenang jasa para pahlawan, mendoakannya, dan menyanyikan lagu-lagu nasional yang membuat peserta didik tahu sejarah bangsa Indonesia dan menanamkan jiwa patriotisme di kalangan anak muda.

Nah, di SMKN 1 TT mengadakan upacara yang dilaksanakan setiap hari senin dan pada kali ini SMKN 1 TT mengundang kejaksaan sebagai pembina upacara untuk meyampaikan tata tertib dan karakter untuk para siswa siswi SMKN 1 TT serta juga mengndang ustad H. Ahmad Fauzi S.Ag. yang menyampaikan kajian tentang penolakan/pembasmian LGBT dan Pembelaan Aksi Tauhid.

ustad H Ahmad Fauzi-Kejaksaan-Kepala Sekolah

Siswa siswi SMKN 1 TT sangat semangat saat mendengar nasehat dan tausiyah dari kedua orang beliau tersebut sehingga keluarga besar SMKN 1 TT dapat mempelajarinya dalam kehidupan sehari-hari baik itu dalam tata tertib maupun berkarakter.

Kenangan-Kenangan Upacara SMKN 1 TT

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Bulan Bahasa dan Sastra SMK N 1 TT Sekaligus Sumpah Pemuda

Bulan Bahasa adalah Kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra yang diselenggarakan setiap tahun adalah upaya BPPB untuk membina dan mengembangkan bahasa dan sastra Indon

08/04/2021 16:05 - Oleh Administrator - Dilihat 143 kali
SIFATNYA PRAKTEK DAN WAJIB SMKN 1 Tebingtinggi Laksanakan UKK

SMKN 1 Tebingtinggi Kabupaten Kepulauan Meranti, Rabu (2/3) mengelar Ujian Keahlian Kompetensi (UKK) untuk anak kelas XII. Selanjutnya pada tanggal 4-7 April mendatang mereka akan mengi

08/04/2021 16:02 - Oleh Administrator - Dilihat 180 kali
Bulan Bahasa, SMKN1 Selatpanjang Gelar Berbagai Kreatifitas

Bulan Oktober adalah bulan bahasa, wadah tempat mengembangkan bakat terutama dibidang sastra, khususnya bahasa indonesia. Di bulan ini, SMKN 1 Selatpanjang menggelar panggung apresiasi

08/04/2021 16:00 - Oleh Administrator - Dilihat 165 kali
Unik, Siswa SMKN 1 Tebingtinggi Meranti Pakai Tanjak saat Belajar

Icon Melayu masih tergambar jelas di SMKN 1 Tebingtinggi Jalan Dorak Selatpanjang, Kepulauan Meranti, Riau. Pada pelajaran tertentu, siswanya mengenakan Tanjak saat belajar.   Rade

08/04/2021 16:00 - Oleh Administrator - Dilihat 149 kali